Cara Convert Java Menjadi Apk Untuk Smartphone Android


Cara konversi atau Convert file Java ( JAD dan JAR ) menjadi file Apk untuk dijalankan pada mobile gadget atau Smartphone Android.

HowTo Android @



Sebagai pendahuluan, berikut akan di jelaskan pengertian Jar, Jad, dan Apk.

JAR (Java ARchive)

Merupakan kumpulan file aplikasi Java yang yang isinya lebih dari satu, dibungkus dan dikompres seperti halnya file ZIP atau RAR. Isinya antara lain file-file kompilasi Java (*.class) dan file-file pendukung lainnya, seperti gambar, suara, dan lain lain.


JAD (Java Application Descriptor)

Adalah file yang mendeskripsikan aplikasi Java (MIDlet). File ini biasanya berfungsi sebagai file tambahan di dalam file JAR. Isinya berupa file teks biasa.


APK (Application Package File)

Adalah berkas atau file yang digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software dan middleware di ponsel berbasis sistem operasi Android.



Nah karena tidak semua aplikasi yang berformat Jar dan Jad bisa dijalankan di Smartphone Android, maka kita bisa mengkonversi file file tersebut menjadi file yang berformat APK. Dan di artikel ini membahas tentang Convert tersebut secara online.
Nama situsnya adalah www.netmite.com.

Caranya simpel sekali. kita tinggal memasukkan file dengan format jad atau jar di form yang telah disediakan, kemudian pilih tombol Get Apk yang berada di kiri bawah dan kita bisa langsung mengkonversinya ke file apk.

Lihat screenshootnya di bawah ini:



Cara mengkonversi file JAD dan JAR menjadi file Apk secara online, untuk digunakan di mobile gadget atau Smartphone Android.


Semoga bermanfaat..


Comments